Overblog Suivre ce blog
Editer l'article Administration Créer mon blog
al57.over-blog.com

Cara Efektif Mengatasi Penyakit Sembelit pada Bayi

Cara Efektif Mengatasi Penyakit Sembelit pada Bayi - Jika Anda menemukan bayi Anda susah buang air besar dan bentuk poop yang keras, bisa jadi anak Anda mengalami penyakit sembelit atau konstipasi. Bagi seorang ibu, melihat anak bahagia dan tumbuh sehat merupakan hadiah terbesar dari Tuhan untuknya. Namun terkadang anak mengalami masalah kesehatan, salah satunya adalah penyakit sembelit ini.

Jika Anda mencintai anak Anda, Anda harus memonitor frekuensi buang air besar anak Anda. Jika anak Anda mengalami sembelit selama berhari-hari atau berminggu-minggu, maka sudah saatnya Anda khawatir akan kondisi kesehatan anak Anda. Berikut ini sahabat bisa menemukan cara efektif mengatasi penyakit sembelit pada bayi.

Penyakit Sembelit pada Bayi

Jika anak kesayangan Anda mengalami penyakit sembelit, sangat penting untuk membuat jadwal dan memonitor waktu buang air besar si kecil. Saat bayi mengalami sembelit, bentuk poop tidak lagi lembek, namun berbentuk bola-bola kecil dan itu pastinya sangat mengganggu bayi. Sembelit juga sering dihubungkan dengan kesalahan pemberian makanan pada bayi.

Jika poop berwarna cerah agak kekuning-kuningan dan keluar 5 hari sekali bisa jadi disebabkan karena ibu memberikan susu formula yang tidak cocok dengan bayi. Namun penyakit sembelit pada bayi tidak selalu berlangsung lama, jika kondisi poop keras, berbentuk bola-bola kecil, dan susah untuk dikeluarkan, berarti bayi menderita penyakit sembelit atau konstipasi.

Penyebab Penyakit Sembelit pada Bayi

Salah satu penyebab utama terjadinya penyakit sembelit pada bayi adalah pemberian susu formula. Kandungan protein dari susu formula cenderung mengeraskan poop bayi sehingga bayi menderita penyakit sembelit. Jika dibandingkan dengan ASI, susu formula lebih potensial dalam menyebabkan penyakit sembelit pada bayi.

Hal ini bisa sangat jelas jika sang ibu merubah pola konsumsi anak yang biasanya menggunakan ASI menjadi susu formula. Saat bayi menginjak umur 6 bulan, biasanya dokter akan menyarankan sayuran-sayuran ringan untuk dikonsumsi bayi. Untuk bayi 6 bulan keatas, penyebab sembelit kemungkinan besar disebabkan oleh makanan-makanan yang dikonsumsi bayi.

Cara Mengatasi Penyakit Sembelit pada Bayi

Setelah Anda mengetahui penyebab-penyebab si kecil terkena sembelit, sekarang waktunya Anda mengetahui cara-cara mengatasi penyakit sembelit pada bayi, berikut ulasannya:

  • Tingkatkan Asupan Air Bersih

Jika anak Anda mengalami penyakit sembelit, maka langkah yang paling tepat adalah meningkatkan asupan cairan. Anda bisa memberikan ekstra asupan ASI agar pencernaan bayi bisa berjalan dengan lancar. Jika bayi masih mengalami sembelit, Anda bisa memberikan ½ cangkir air bersih setelah Anda memberikannya ASI. Hal ini penting, terutama agar pencernaan bayi bisa kembali lancar.

  • Beri Bayi Jus Buah

Untuk bayi berumur 6 bulan keatas, Anda bisa memberikan asupan jus buah setelah Anda memberikan ASI pada anak Anda. Jus buah apel dan pear merupakan pilihan yang tepat dan dapat meredakan konstipasi pada bayi. Bayi akan dengan senang hati mengkonsumsi jus buah karena rasanya yang enak. Beri ½ cangkir jus sesaat setelah Anda memberikan asupan ASI pada bayi.

  • Beri Bayi Buah-buahan Berserat Tinggi

Jika anak Anda kondisi poopnya sangat keras bisa jadi karena kurang serat. Anda bisa memberikan bayi buah-buahan berserat seperti pisang, pear, plum dan lain-lain.

Demikianlah info mengenai cara efektif mengatasi penyakit sembelit pada bayi. Semoga lewat artikel ini, sahabat Arwini bisa mengatasi penyakit sembelit pada anak kesayangan Anda.

Partager cet article

Repost 0

Commenter cet article